Ekspor Perdana Kakao Fermentasi dari Koperasi Kerta Semaya Samaniya – Jembrana ke Valrhona Perancis

Semangat Perubahan dari Bumi Mekepung untuk Komoditi Kakao yang Berkelanjutan

Pengiriman Perdana Kakao Fermentasi dari Koperasi Kerta Semaya Samaniya – Jembrana ke Valrhona Perancis


banner kakao fstd 400 x300cm email  

 Sebuah Makna dan Harapan Besar

Sesuai dengan namanya, Koperasi Kerta Semaya Samaniya memiliki makna Berjanji/berkomitmen Bersama-sama untuk Membangun Kerta (kesejahteraan), makna inilah yang menjadi panutan semua insan penggerak koperasi untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik bagi petani kakao di Kabupaten Jembrana.

Sebuah nama adalah doa dan harapan, meskipun membangun kepercayaan, komitmen dan kesungguhan untuk mengabdi kepada masyarakat khususnya petani Kakao tidak lah mudah. Namun dengan kerja keras dan komitmen yang tinggi, berbagai persoalan yang dihadapi oleh koperasi dapat terlewatkan.

Atas dasar inisiasi inilah hadir program kakao berkelanjutan atau kakao lestari dalam kerangka sertifikasi. Kerangka sertifikasi ini dipilih sebagai upaya untuk melengkapi/menyempurnakan program-program yang ada selama ini, baik yang di-inisiasi oleh pemerintah, swasta maupun pihak lainnya. Inilah yang menjadi titil awal bangkitnya koperasi.

Ini adalah sebuah harapan akan makna “lestari” dalam sektor kakao. Sederhananya, bagaimana komoditi kakao senantiasa ada dan tetap bisa menjadi bagian dari aktivitas keseharian di Jembrana, sebagai sebuah potensi warisan kepada generasi penerus yang tidak akan punah oleh waktu.

 

Perjalanan Program

Koperasi Kerta Semaya Samaniya berdiri tahun 2006 sebagai koperasi yang mewadahi potensi unggulan kakao di Kabupaten Jembrana. Tahun 2011 Yayasan Kalimajari atas dukungan berbagai pihak mencoba untuk membangkitkan peran koperasi dalam mempertahankan potensi kakao melalui Program Kakao Lestari/UTZ Certifikasi.

Berbagai proses dilaksanakan secara bersama dengan 22 Subak Abian di Kabupaten Jembrana. Proses tersebut meliputi : berbagai pelatihan untuk peningkatan kapasitas petani, subak abian maupun koperasi, akses kepada pasar yang lebih adil dan berkelanjutan serta membangun akses terhadap kebijakan dan akses permodalan untuk keberlanjutan program.

Berbagai proses tersebut lah yang pada akhirnya mampu mengantarkan Koperasi Kerta Semaya Samaniya sebagai pemegang sertifikat komunitas untuk UTZ Certifikasi pertama di Indonesia. Dengan UTZ certifikasi yang mengadopsi sistem berkelanjutan, mampu menempatkan posisi tawar petani kakao semakin kuat dalam mata rantai produksi sampai dengan pemasaran. Hal lain yang tidak kalah penting adalah filosofi dasar dari makna lestari/berkelanjutan dalam kerangka sertifikasi, yang menjadi media gerakan penyadaran akan penting nya komoditi ini tumbuh dan berkembang lestari di Kabupaten Jembrana.

 

Membangun Pasar yang Lebih Berkelanjutan

Menyatukan persepsi 22 Subak Abian dalam program ini, tidaklah mudah. Sistem perdagangan individual, “pasrah” terhadap sistem perdagangan lokal yang telah ada secara turun temurun serta belum adanya penegasan terhadap kualitas, masih mewarnai pemasaran yang mendominasi petani kakao di Jembrana sebelum program kakao lestari berjalan.

Tahapan akhir yang paling penting dari proses ini adalah bagaimana petani mendapatkan penghargaan yang pantas atas segala perubahan, perbaikan dan ketekunan mereka untuk merawat dan menjaga pohon kakao sebelum menjadi sekeping coklat yang manis.

Upaya untuk menyeragamkan kualitas, meningkatkan kuantitas serta menjamin komitmen keberlanjutan kerjasama pemasaran dalam naungan satu wadah koperasi, mampu terwujud melalui pemasaran bersama tahun 2013 kepada PT. Papandayan Cocoa Industry Barry Callebaut (Bandung). Kerjasama ini terus berlanjut pada tahun 2014 dan 2015.

Harapan untuk peningkatan pemasaran, terus berlanjut. Semangat untuk membangun perluasan pasar guna mampu memberikan nilai yang terbaik untuk petani dan subak abian senantiasa dilakukan. Semangat kebersamaan Subak Abian, petani kakao dan koperasi, pada akhirnya memberikan ketertarikan tersendiri kepada pihak Valrhona (salah satu pabrik coklat terbaik dunia yang ada di Perancis, www.valrhona.com) mengusung keunikan dalam tema yang mereka sebut dengan “Profile Aromatic” untuk merancang kerjasama. Kunjungan awal bulan Juli 2014, berlanjut dengan tahapan diskusi intensif sampai dengan rencana realisasi ekspor perdana kerjasama langsung antara Koperasi Kerta Semaya Samaniya ke Valrhona Perancis.

Dalam sebuah mekanisme program dan pedampingan yang BUKAN instan (5 tahun), tentu saja hal ini adalah sebuah pencapaian dari perjuangan bersama yang patut disyukuri, dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Proses ini juga sebagai sebuah bukti, bahwa koperasi sampai dengan detik ini masih memberikan eksistensi dan keberpihakan kepada anggotanya. Proses ini bukan jualan semata, tetapi sebagai bentuk penegasan bahwa petani mampu melakukan perubahan atas dasar gerakan bersama. Proses ini juga menegaskan bahwa Subak Abian sebagai pranata sosial telah terbukti bukan hanya sebagai jargon kebanggaan dan warisan dunia saja tetapi telah mampu dan terbukti meningkatkan perannya dalam bentuk ekonomi produktif.

Berdasarkan uraian tersebut diatas, terkait dengan kegiatan ini maka dukungan media sangat diperlukan untuk menyebarkan spirit positif ini sebagai penyemangat dan pengingat akan kekuatan petani.

Waktu dan Tempat

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Rabu, 7 Oktober 2015

Tempat : Sentra Pengolahan Kakao Rakyat/Kantor Koperasi Kerta Semaya Samaniya

 

Daftar Undangan Pemerintah dan Subak Abian :

  1. Bupati Jembrana
  2. Wakil Bupati Jembrana
  3. Ketua DPRD Kabupaten Jembrana
  4. Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Jembrana
  5. Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana
  6. Kepala Bappeda Kabupaten Jembrana
  7. Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jembrana
  8. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Jembrana
  9. Inspektorat Kabupaten Jembrana
  10. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bali
  11. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali
  12. Kapolsek dan Danramil
  13. Camat Melaya
  14. Kepala Desa dan Babin Kamtibmas Desa Nusa Sari
  15. Subak Abian Peserta Sertifikasi Kakao Lestari
  16. Subak Abian Se-Kecamatan Negara
  17. Subak Abian Se-Kecamatan Melaya
  18. Subak Abian Se-Kecamatan Jembrana
  19. Koordinator PPL

 

Daftar Undangan Pihak Perbankan dan Swasta Lainnya :

  1. Indonesia Eximbank – Jakarta
  2. UTZ Certified Country Representative Indonesia
  3. TUV NORD INDONESIA – Jakarta
  4. KADIN BALI
  5. KADIN JEMBRANA
  6. Bank BPD Jembrana