Pendampingan

WEST PAPUA..NEW HOPE…NEW FUTURE

HANDOVER UTZ CERTIFIED 2015



Kegiatan Serah Terima Sertifikat UTZ 2015 ini terselenggara atas bentuk dukungan terhadap kerja keras petani kakao yang selama ini telah berkomitmen dalam mengimplementasikan segala bentuk perbaikan dan perubahan dalam pengelolaan kebun dan manajemen kelembagaan. Pada kesempatan ini disampaikan ucapan terimakasih kepada pihak PT TUV Nord Indonesia, yang telah memberikan dukungan program SCOPE kepada 22 Subak Abian peserta program sertifikasi UTZ. Dedikasi dan dukungan program dari TUV Nord Indonesia dimulai dari memberikan berbagai upaya pelatihan peningkatan kapasitas petani, UPH, Subak Abian dan Koperasi Kerta Semaya Samaniya.

Berkat dukungan dan kerja keras semua team yang terlibat dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas biji kakao fermentasi yang dapat difasilitasi oleh Koperasi Kerta Semaya Samaniya telah terbukti meningkat dari tahun ke tahun. Ini terbukti dari 2 (dua) kali proses pengiriman kakao fermentasi UTZ Certified kepada PT Papandayan Cocoa Industry Barry Callebaut.

Program Sertifikasi UTZ ini telah berjalan mulai dari tahun 2011 dan telah mampu mengantarkan Koperasi Kerta Semaya Samaniya sebagai pemegang sertifikat komunitas (koperasi) pertama di Indonesia, namun perlu diperhatikan dengan adanya ekonomi global yaitu adanya MEA 2015 ini menjadi pemikiran bersama untuk siap bersaing, sehingga pemantapan SDM menjadi tuntutan agar ditingkatkan kualitas professional managementnya.

Pondasi dan dukungan program yang telah diberikan oleh semua pihak selama 5 (lima) tahun perjalanan program, yang salah satunya dating dari TUV Nord Indonesia, akan diteruskan dalam semangat yang tinggi oleh koperasi dan subak abian perserta program. Dalam acara ini disampaikan terimakasih kepada pihak UTZ dan Control Union yang memberi kepercayaan kepada Koperasi Kerta Semaya Samaniya dalam pengembangan program kakao berkelanjutan.

Perjalanan program tidak terasa telah berlangsung selama 4 tahun dalam bentuk Kakao Lestari dan Kakao Berkelanjutan di Kabupaten Jembrana. Banyak tantangan, dinamika, perjalanan yang sangat tidak mudah untuk dilalui tetapi 22 Subak Abian tetap saling bisa bergandengan tangan. Salah satu bukti akan kerja keras tersebut adalah terwujudnya acara Serah Terima Sertifikasi UTZ dari PT TUV Nord Indonesia dan Control Union kepada Koperasi Kerta Semaya Samaniya. Ini adalah sebuah mandat dan kepercayaan untuk tetap dipertahankan dan semangat kepada 3 Subak Abian baru yang bergabung dalam program yaitu Baluk Rening, Utama Karya dan Sumber Urip. Selanjutnya akan disusul 5 Subak Abian baru. Kegiatan ini terselenggara atas bentuk dukungan terhadap kerja keras petani kakao yang selama ini telah berkomitmen dalam mengimplementasikan segala bentuk perbaikan dan perubahan dalam pengelolaan kebun dan manajemen dan kelembagaan.