lokakarya Veco-IFAD, Pengembangan Mata Rantai Rumput Laut yang Berkelanjutan

Lokakarya ini diselenggarakan oleh VECO Indonesia yang berlangsung di ruang pertemuan Hotel Oria pada tanggal 6 Maret 2017 yang diikuti oleh beberapa stakeholder dibidang komoditi rumput laut. Pada kegiatan tersebut, Yayasan Kalimajari ditunjuk sebagai salah satu pembicara. Ditugaskannya Yayasan Kalimajari sebagai pembicara dalam loka karya tersebut karena riset kelayakan yang telah dilakukan oleh yayasan terkait dengan informasi mengenai status dan trend produk termasuk mekanisasi dan teknik budidaya, analisis aktor, pasar dan rantai nilai, potensi untuk pengembangan rantai nilai komoditi yang berkelanjutan dan pro poor yang dilakukan di Flores dan Bali. Peserta yang mengikuti lokakarya tersebut adalah para pembuat kebijakan, asosiasi, lembaga studi dan penelitian, lembaga donor, organisasi pembangunan yang mengembangkan rumput laut, aktor swasta dan perwakilan petani penggerak.

Tujuan Lokakarya

  1. Mendiskusikan hasil studi kelayakan Pengembangan Rantai Nilai Rumput Laut yang Berkelanjutan dan Mampu Mengurangi Kemiskinan.
  2. Menganalisis rantai nilai rumput laut (dari aspek produksi sampai pasar) yang ada pada saat ini dan trend ke depan, seberapa jauh praktek dan kebijakan dalam rantai nilai ini inklusif terhadap petani kecil dan menjamin keberlanjutan.
  3. Menganalisis inovasi, teknologi dalam teknik budidaya dan pengolahan, termasuk mekanisasi, yang sudah diterapkan dan potensi adopsi teknologi baru di Indonesia.
  4. mendiskusikan potensi pengembangan rantai nilai rumput laut yang berkelanjutan dan mampu menanggulangi kemiskinan

Hasil yang diharapkan

  1. adanya kesepahaman dan penajaman atas hasil studi kelayakan
  2. adanya gambaran dan arah pengembangan rantai nilai rumput laut yang inklusif dan berkelanjutan
  3. adanya informasi mengenai teknologi budidaya rumput laut yangbaru dan bagaimana cara-cara adopsinya di Indonesia.
  4. teridentifikasinya inovasi-inovasi pengembangan rumput laut yang berkelanjutan di Indonesia.